Menu

welcome


WELCOME TO CHENGTAUFIQ'S BLOG >>>>>>>>>>>>>> Tempat buat sharing, forum diskusi, dan belajar all about japan

Jumat, 24 Juni 2011

Huruf Katakana


Cara penulisan dengan menggunakan huruf jepang yang kedua yaitu menggunakan jenis huruf katakana. pada pembahasan lalu huruf hiragana yang dipergunakan untuk bahasa-bahasa asli yang merupakan bahasa dari jepang sediri, namun kali ini huruf katakana berfungsi dalam penulisan bahasa-bahasa serapan dari bahasa lain. untuk huruf-hurufnya bisa dilihat dan dihafal dari tabel :



untuk penulisannya tidak terlalu sulit jika sudah anda hafal, hanya tinggal menggabungkan suku kata per suku kata. bahasa serapan biasanya sangat mudah untuk dikenali dan jelas berbeda dengan bahasa asli jepang yang menggunakan huruf hiragana. karena bahasa serapan jepang biasanya lebih mirip/mendekati dan mengabil dari bahasa inggris. so, tidak sulit kan karena bahasa ini menglobal dan diketahui oleh banyak orang. contoh bahasa serapan :

1. ミルク (miruku) yang berarti susu --> diserap dari kata milk karena dalam bahasa jepang tidak mengenal huruf L sehingga digantikan dengan huruf R.

2. ペン (pen) yang berarti bolpoin/pena --> diserap dari kata pen

3. チェス (chesu) yang berarti catur --> diserap dari kata chess

4. コンピューター (kompyuutaa) yang berarti komputer --> diserap dari kata computer menjadi --> kompyuutaa dengan penulisan huruf m yang mati yang diganti dengan huruf n.

5. ヘリコプター (herikoputaa) yang berarti helikopter --> diserap dari kata helicoptor yang merubah suku kata li menjadi ri dan co menjadi ko.

semoga bermanfaaat :) さようなら。。。。。

1 komentar:

  1. bagi yang mau cari sumber2 materi bahasa jepang bisa di japanesesource.blogspot.com

    BalasHapus